Dialog RI-Prancis di Poitiers untuk Perkuat Kerja Sama Pendidikan

By Admin

nusakini.com--Kerja sama bilateral Indonesia-Prancis dalam bidang sains, teknologi, pendidikan tinggi, riset dan inovasi adalah bagian dari kemitraan strategis kedua negara yang terbentuk tahun 2011. Berbagai bentuk implementasi dimaksud dibahas melalui forum Joint Working Group (JWG) bidang pendidikan, demi menjalin bentuk kerja sama operasional yang riil antara kedua negara. 

Forum JWG kini memasuki penyelenggaraan ke-10, yang berlangsung tanggal 26-28 Juni 2018 di Kota Poitiers, Prancis. Delegasi Pemerintah Indonesia dari Jakarta dipimpin oleh Dr. Patdono Suwignjo, Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti dari Kemristek Dikti RI, beserta Dubes RI Paris, Dr. Hotmangaradja Pandjaitan, dan jajaran KBRI Paris. 

Dalam sambutannya pada pembukaan forum, Dubes RI Paris menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin selama ini. “JWG ini merupakan forum strategis untuk terus memperkuat kerja sama bidang pendidikan tinggi, riset, dan inovasi RI-Prancis," ungkapnya.  

Ditambahkan pula, bahwa JWG menjadi cerminan komitmen kedua negara atas nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, toleransi dan keadilan, untuk pembangunan yang terintegrasi dan berkelanjutan, baik politik, ekonomi, pertahanan keamanan, pendidikan, kebudayaan, dan lingkungan. Pengembangan hal ini dicermati Dubes RI Paris sebagai kunci partisipasi aktif kedua negara dan bagi tatanan dunia global. 

Dari segi strategi kerjasama luar-negeri, priotitas Indonesia saat ini adalah kerjasama di bidang ekonomi. Namun, pembangunan ekonomi memiliki korelasi erat dengan bidang pendidikan, sains, kebudayaan, dan dunia diplomasi. Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia terus mendukung dan memfasilitasi misi JWG sejak pertama kali diselenggarakan. Selama di Poitiers, para peserta dialog akan membahas beragam topik. Selain diskusi antar peneliti, terdapat pula sesi dialog korporat dan bisnis terkait transfer teknologi dan sains. Ini adalah salah satu jalan, agar kerjasama pendidikan, riset dan inovasi dapat memberikan manfaat ekonomi yang baik rakyat banyak.  

​Kota Poitiers sendiri terletak di sisi tengah-barat Prancis, berjarak sekitar 350 km dari ibukota Paris. Poitiers dikenal sebagai salah satu kota pendidikan Prancis, dengan tradisi pendidikan yang telah ada sejak jaman abad pertengahan (Middle Ages). Kampus terkemuka University of Poitiers adalah salah satu universitas tertua di Eropa, berdiri sejak tahun 1431.(p/ab)